Penjelasan JK Mengenai Century Gate



Jusuf Kalla 
@JK_Kita
Twitter Account Wakil Presiden Indonesia ke-10


1. Sebenarnya Century (Kasus Bank Century) kan sederhana saja. Apa yang salah? Siapa yang harus bertanggung jawab?
    
2. Kasus Century kan krn ada pengeluaran uang yg tdk wajar. Ditelusuri di situ saja. Siapa yg kasih perintah keluar uang? Uangnya ke mana?
    
3. Sebenarnya sangat mudah membuka kasus ini (Century). Dalam byk kesempatan, saya selalu katakan seperti itu. Follow the money...
    
4. Siapa yang kasih perintah keluar uang? Kenapa harus dikeluarkan? Uangnya kemana? Kan gampang sekali itu.
    
5. Dana bailout Bank Century kan bukan uang kecil. Saya ingat persis, uang untuk Bank Century mencapai Rp 2,5 triliun hanya dalam dua hari.
    
6. Kalau tidak salah harinya, antara Jumat, Sabtu atau Senin. Setelah tanggal 20 atau 21 (November 2008).
    
7. Stlh terjadi lonjakan talangan Bank Century, muncul kepanikan. Barulah saya dilapori. Ini Bank seperti org luka kemudian dioperasi.
    
8. Tapi, bukannya sembuh malah bleeding (pendarahan). Kemudian dilaporkan ke saya. Pak bleeding. 
    
9. Ketika itu, saya tanyakan kenapa bleeding? Kenapa harus dioperasi? Karena infonya, penyakit ringan tapi kenapa operasi.
    
10. Untuk talangan Bank Century, cuma butuh dana sekitar Rp 630 miliar. Ternyata dalam dua hari uang yang keluar sudah Rp 2,5 triliun.
    
11. Saya tanyakan siapa yg keluarin duit? Siapa yg ngambil duit? Ya pemiliknya. Bhkn, Pak Boediono (Gub BI) malah menyebut rampok. 
    
12. Saya balik tanya kenapa diizinkan uang dikeluarkan? Saya pun keluarkan perintah untuk menangkap perampoknya. 
    
13. Dalam pemeriksaan selanjutnya, Robert Tantular (pemilik Bank Century) mengatakan hanya butuh Rp 1 triliun.
    
14. Lalu kenapa keluar Rp 2,5 triliun dlm dua hari? Jadi mudah saja kan. Orang minta Rp 1 triliun, tapi kok diberi lebih? 
    
15. Orang minta Rp 1 triliun, tapi kok diberi lebih? Angkanya sampai Rp 6,7 triliun. Siapa yang beri perintah? 
    
16. Pengusutannya memang harus dimulai dari BI (Bank Indonesia). Enggak perlu sampai periksa-periksa rapat dan segala macam. 
    
17. Kalo KPK terkesan kesulitan dalam mengurai kasus Bank Century iya mungkin memang begitu.
    
18. Kalau soal data2, informasi/dokumen kan sdh lengkap. Bahkan ada audit forenksi BPK, Lebih jelas lagi . 
    
19. Pak Boediono sempat menyebut kasus Bank Century sebagai perampokan, Saya pernah sampaikan cerita ini di depan Pansus Century DPR.
    
20. Menjelang berhenti dr wapres, saya bertemu Sri Mulyani (saat itu menkeu). Saya bertnya knp kau buat itu? Dia bilang,saya ditipu. 
    
21. Siapa yang tipu? Dijawabnya BI. Menurut BI, dana yang diperlukan hanya sekitar Rp 600-an miliar. 
    
22. Kacamata pemerintah dana segitu tidaklah besar. Toh nantinya dicatat sebagai pinjaman. Ternyata menyedot hingga Rp 6,7 triliun.
    
23. Dlm rapat yg digelar mlm hari (20-21 Nov 2008) diputuskan bailout Century sebesar Rp 630 miliar. Saat subuh, barulah disetujui (bailout).
    
24. Dalam realisasinya, disuntik dana, banknya bukannya makin sehat. Tapi malah bleeding terus, tentu ini ada yg merekayasa. 
    
25. Ini harus diungkap, kenapa bisa bleeding terus? Siapa yang instruksikan untuk suntik dana terus? Lalu, kemana uangnya? 
    
26. KPK tinggal menelusuri siapa otoritasnya kan jelas. Siapa yang tanda tangan dalam proses pencairan dana bailout Bank Century.
    
27. Pencairannya menggunakan apa, transfer atau diangkut dengan truk. Siapa saja penerimanya. Sangat gampang sekali. 
    
28. Smoga kasus Century ini segera tuntas & tdk menguras energi bangsa terus krn msh byk hal penting yg hrs kita kerjakan utk Rakyat.

0 Response to "Penjelasan JK Mengenai Century Gate"

Posting Komentar