PKS Umumkan 5 Kandidat Calon Presiden

Sekretaris Jenderal PKS, Taufik Ridho, saat konferensi pers hasil pemira capres PKS di DPP PKS (29/12)

 Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengumumkan lima orang kandidat calon presiden.

Sekretaris Jenderal PKS, Taufik Ridho dalam konferensi pers di kantor PKS mengatakan lima calon tersebut adalah M Hidayat Nur Wahid, M Anis Mata, Ahmad Heryawan,Tifatul Sembiring dan Nur Mahmudi Ismail.

"Kita sudah rapat pleno Lembaga pelaksana dan penyiapan kader dan hasilnya adalah dari 22 nama yang kita calonkan maka lima besarnya M Hidayat Nur Wahid, M Anis Mata, Ahmad Heryawan,Tifatul Sembiring dan Nur Mahmudi Ismail," kata Taufik, Minggu (29/12).

Taufik menjelaskan lima nama itu memperoleh dukungan terbesar dari kader PKS melalui mekanisme Pemilihan Raya (Pemira) di 33 Provinsi.

Berdasarkan hasil Pemira, Hidayat mendapatkan suara 55.670 (18,34%), Anis 48.153 (17,46%), Aher 46.014 (16,69%), Tifatul 31.714 (11,50%) dan Nur Mahmudi 20.429 (7,41%). (sisanya kandidat diluar lima besar)

"Secara startistik dari 33 provinsi yang melaksanakan Pemira bahwa peringkatnya adalah flat, yaitu kejar-kejaran antara Hidayat dan Anis," jelas Taufik.

Aher yang merupakan Gubernur Jawa Barat tidak memperoleh dukungan yang merata. Ia justru mendapatkan banyak suara di satu provinsi saja, yaitu Jawa Barat.

Sementara Tifatul yang kini menjabat sebagai Menteri Komunikasi dan Informatika dan Mahmudi, Wali Kota Depok mendapat suara rata di seluruh Indonesia. Namun tetap saja suara Mahmudi di bawah Hidayat, Anis, Tifatul dan Aher.

"Anis Matta unggul di 18 provinsi dan Hidayat di 14 provinsi," kata Taufik.

Selanjutnya hasil pemira lima besar Capres PKS ini akan diajukan ke Majlis Syuro dan diuji publik.

0 Response to "PKS Umumkan 5 Kandidat Calon Presiden"

Posting Komentar